Pages

Kamis, 10 April 2014

MIND MAPPING



Pentingnya Mind Mapping!

Peta pikiran adalah salah satu metode yang terbaik untuk mengoptimalkan kapasitas belajar yang dan pemahaman tentang bagaimana unsur-unsur struktur yang kompleks yang terhubung.


Kita dianugerahi otak yang mampu memahami dan mengingat banyak hal yang pernah terjadi dalam hidup kita. Kita memiliki otak yang mampu mengingat peristiwa penting, mengingat suatu gambar, maupun struktur. Keistimewaan dari Mind Map yaitu dia menggunakan program otak yang sudah ada pada diri kita serta memperjelasnya lagi. Mind Map mengoptimalkan kekuatan yang sudah ada dalam pikiran kita.

Mind Map digagas dan dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog Inggris. Mind Map (Peta Pikiran) merupakan salah satu metode terbaik untuk mengoptimalkan kemampuan belajar dan memahami hubungan antar setiap elemen di dalam struktur yang kompleks. Mind Map (Peta Pikiran) dapat diartikan sebagai suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas atau informasi lainnya dalam bentuk diagram radial-hierarkis non-linier.




Hal yang fantastis tentang peta pikiran adalah bahwa ia menggunakan ini ada "program-otak" dan memurnikan mereka! Peta pikiran hanya mengoptimalkan kekuatan yang sudah ada dalam pikiran Anda. Maksud saya adalah ini: Otak bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip dasar tertentu, dan Anda dapat menggunakan peta pikiran untuk mengambil keuntungan dari mereka dalam meningkatkan kreativitas dan memori Anda.
Ada beberapa prinsip dasar, tapi saya percaya ini adalah yang paling penting untuk peta pikiran:



Gambar
Apa yang Anda lihat, Anda akan ingat! Anda memiliki kapasitas yang sangat besar untuk mengingat foto dan gambar. Otak terus-menerus mengambil "foto" hidup Anda dan menyimpan ini dalam album foto raksasa di dalam kepala Anda, dan Anda benar-benar dapat mengambil moment hidup setiap saat. Ini sangat penting untuk peta pikiran, karena banyak
lebih mudah untuk mengingat gambar daripada mengingat garis panjang teks murni.

Berita Utama Hal ini jauh lebih mudah untuk mengingat kata-kata tunggal, frase pendek dan headline yang mencolok, daripada mengingat teks murni. Hal ini cukup jelas diri - Anda bisa mencoba untuk mengutip ini seluruh bab melalui ratusan jam belajar - dan pasti pula gagal. Atau Anda
hanya bisa menuliskan judul untuk setiap titik penting, dan masih ingat 95% informasi penting... itu terserah Anda.

Hubungan Kesadaran Anda selalu menganalisa bagaimana hal-hal saling terhubung satu sama lain. Dan ketika itu dilakukan, pikiran menciptakan sebuah gambar untuk melambangkan struktur. Banyak kerja otak didasarkan pada asosiasi dan secara otomatis menghubungkan mata pelajaran yang berbeda bersama-sama untuk menciptakan sebuah sistem. Hal ini penting untuk membiarkan otak Anda bekerja dengan cara yang diinginkan dan membantu, bukannya memaksa untuk mengambil arah tertentu. Otak Anda akan jauh lebih bahagia,

Cara Membuat Peta Pikiran

• GARIS
Garis mungkin adalah bagian paling penting dalam peta pikiran karena mereka menghubungkan potongan-potongan informasi, dan menciptakan struktur yang sangat proyek Anda. Tanpa garis, Anda hanya akan memiliki dragon raksasa berita pendek, dan itu akan cukup sulit untuk memahami gambaran besar. Oleh karena itu sangat penting bahwa garis mengikuti sistem logika, dan menyederhanakan peta pikiran bukan membuatnya sulit untuk diikuti.








Apakah Anda menikmati ini peta pikiran? Mungkin tidak. Ini terlihat seperti sarang ular dan Anda akan memiliki waktu yang cukup sulit memahami ini informasi. Inilah sebabnya mengapa struktur garis sangat penting. Sebuah contoh yang lebih baik akan terlihat seperti ini:








Anda lihat di sini bahwa semuanya sangat sistematis dan terstruktur. Tidak ada garis persimpangan satu sama lain, dan seluruh peta pikiran sangat mudah untuk memahami dan mengikuti. Setiap baris hasil langsung ke judul tertentu hal ini terkait dengan. Berikut ini adalah contoh lain:








Anda bisa lihat di sini bahwa ada berbagai jenis garis yang menghubungkan topik. Beberapa ditarik sebagai archs, beberapa panah menunjuk ke subjek, beberapa garis lurus dengan sudut (Favorit pribadi saya.)
Jika Anda melihat pada peta pikiran di atas, mulai dengan topik utama dan mengikuti garis untuk sub-kategori X, Anda melihat apa yang saya maksud dengan garis lurus dengan sudut. Ini adalah favorit saya sejak Anda memiliki kebebasan untuk menempatkan topik hampir di mana saja Anda suka, dan masih menghubungkan seluruh yang pikiran map bersama-sama untuk menciptakan bersih dan mudah untuk memahami struktur. Dan omong-omong, melihat peta pikiran akan menyenangkan, jadi jika Anda berbakat dengan artistik bakat... well, selamat! :-) Seperti yang Anda lihat, bahkan di paling dasar dari peta pikiran, bagaimana Anda mengatur garis memainkan bagian penting ketika datang untuk menciptakan gambaran yang jelas. Dan itu adalah kejelasan yang kami perjuangkan, adalah tidak...?
• BULLETS
Penggunaan bullet adalah alat yang sangat menarik untuk diingat ketika membangun peta pikiran Anda.






Seperti yang Anda lihat, ini peta pikiran memiliki satu kategori yang disebut "kamar tidur", dan kategori ini memiliki empat sub-topik penting, ditampilkan sebagai bullet. Bullet ini secara alami terkait dengan utama kategori. Hal yang baik tentang bullet adalah bahwa Anda dapat meminimalkan jumlah baris, dan bola headline - dan belum menyimpan struktur yang baik. Ini menyederhanakan seluruh peta pikiran dan memungkinkan Anda tetap kabur untuk minimum. Perlu diingat bahwa Anda tidak harus membuat daftar 25-30 bullet untuk setiap topik. Sebaliknya, cobalah untuk fokus pada beberapa, berita penting dalam rangka untuk mendapatkan poin utama di seberang.
• LAYOUT
Bila Anda telah berlatih mindmapping untuk beberapa waktu, kemampuan untuk membuat baik, jelas layout menjadi sifat dasar kedua. Tapi untuk pemula dapat mengambil beberapa pekerjaan. Satu masalah yang dapat terjadi adalah bahwa Anda sengaja menempatkan berita utama Anda dan lingkungan di tempat yang salah. Anda mungkin perlu memindahkan mereka sekitar beberapa kali dan mencoba berbeda kombinasi untuk mendapatkan struktur yang tepat. Hal ini sangat sulit ketika Anda telah menulis Anda keberatan peta pada selembar kertas, dan itulah mengapa saya sangat suka menggunakan program perangkat lunak untuk menangani sebagian besar kerja keras bagi saya. Saya pribadi menggunakan Mind Manager, sebuah program yang luar biasa yang membuat proses penciptaan layout besar jauh lebih mudah. Anda benar-benar harus mengunjungi website di bawah ini dan lihatlah ini Program yang fantastis, yang sebenarnya direkomendasikan oleh Tony Buzan sendiri. Anda dapat menemukannya di sini: Pikiran Manajer Ada jutaan cara untuk menempatkan bola dan berita utama, dan itu akan menjadi tugas yang sia-sia bagi saya untuk mencoba untuk menggambarkan setiap kombinasi yang mungkin di sini. Tapi biarkan aku menunjukkan beberapa contoh...






Yang penting adalah untuk menciptakan gambaran yang jelas dan membuatnya mudah bagi otak Anda untuk mengikuti aliran peta pikiran. Dan seperti yang Anda lihat pada contoh di atas, mereka semua memiliki subkategori yang diselenggarakan sesuai dengan kepentingan mereka dan koneksi internal. Misalnya, menempatkan berita utama PC dan Macintosh dekat satu sama lain di satu sisi, dan menjaga CD, Harddisk dan DVD di sisi lain memudahkan pikiran Anda untuk melihat struktur peta pikiran.
• WARNA
Pikiran manusia cepat beradaptasi dan terbiasa dengan lingkungan baru. Anda akan melihat ini ketika mengendarai mobil. Setelah dua puluh menit di jalan raya Anda mendapatkan begitu terbiasa dengan kecepatan yang ketika Anda melambat, rasanya hampir seperti berdiri diam. Tepat fenomena yang sama terjadi ketika Anda sedang belajar, dan karena ketika Anda menggunakan peta pikiran juga. Otak Anda dengan cepat lagu ke struktur peta pikiran, dan Anda dapat mengalami beberapa masalah ketika mencoba untuk memisahkan komponen-komponen yang berbeda. Kami tidak menginginkan hal itu, dan ide yang baik adalah dengan menggunakan warna untuk membagi kategori yang berbeda jika Anda ingin menghindari masalah ini. Seperti yang Anda lihat dalam pikiran bawah peta, satu berwarna-warni dan yang lain hanya memiliki satu warna. Yang berwarna jauh lebih mudah untuk memahami dan Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi kategori berbeda.











Selain itu, kami semua anak-anak jauh di dalam. Hal ini dapat menyenangkan untuk main-main dengan banyak berbeda warna
- Dan jika itu menyenangkan, juga lebih mudah untuk belajar.
• ASOSIASI
Baik. Sekarang saya akan meminta Anda untuk membaca bagian ini dengan hati-hati. Setelah itu, aku ingin kau membacanya lagi. Dan ketika Anda melakukan itu, membacanya sekali lagi. Untuk benar-benar jujur ​​dengan Anda, saya akan benar-benar seperti Anda untuk membacanya sekali lagi setelah itu.
- Bab ini adalah bahwa penting jika Anda ingin dapat membuat peta pikiran efektif.
• Menulis Berita Utamanya saja!
• Dan jika Anda selalu perlu untuk menulis sesuatu yang lebih panjang, buatlah lebih pendek!

Bayangkan sejenak bahwa Anda berada di sekolah, dan Anda akan mengikuti tes. Anda perlu menghafal satu bab penting dari sejarah-buku Anda. Ada tahun-tahun tertentu yang Anda butuhkan untuk ingat, peristiwa-peristiwa tertentu yang terjadi selama tahun-tahun ini, ada orang-orang yang berbeda untuk belajar, dan Anda harus tahu persis apa yang mereka semua lakukan selama bertahun-tahun. Banyak informasi... Bahkan, sejarah-buku Anda menjelaskan semua ini selama rentang 70 halaman, dan Anda ingin belajar segala sesuatu dengan cepat, tanpa membuang-buang waktu Anda pada informasi unnessecary. Jadi, bagaimana Anda melakukan ini? Ini adalah cara untuk pergi: Tugas Anda di sini adalah untuk mengurangi informasi tentang ini 70 halaman, dan meringkas semuanya dalam satu atau beberapa peta pikiran. Dan Anda hanya ingin fokus pada penting fakta. Ini akan pernah bekerja untuk menulis sebuah novel penuh untuk setiap judul penting. Anda harus tetap pendek, dan pada dasarnya menciptakan sebuah "label" untuk setiap paket utama informasi. Sekarang, ini adalah bagaimana otak Anda bekerja: Anda telah potongan tertentu dari pengetahuan dan pengalaman yang Anda telah dikumpulkan selama Anda seumur hidup. Setiap salah satu dari ini "paket informasi" terhubung ke "label" khusus. Jika sekarang saya meminta Anda untuk mengingat hari ulang tahun Anda 1998, Anda berpikir selama beberapa detik, dan kemudian Anda mampu mengingat hampir setiap peristiwa yang terjadi selama hari itu. Dan satu-satunya hal yang saya kata untuk memicu memori Anda adalah "Your Birthday 1998".
- Itulah Label khusus yang memungkinkan Anda untuk menggunakan Asosiasi dan mengingat Informasi yang diminta. Peta pikiran memungkinkan Anda mengambil keuntungan dari proses mental. Mereka membantu Anda memaksimalkan kemampuan untuk mengingat informasi melalui asosiasi. Tujuan sebenarnya adalah untuk membangun struktur yang memungkinkan Anda melihat dan mengingat gambaran besar.





Amati mindmap di atas. Ini menggambarkan peristiwa bersejarah khusus. Jika Anda mengikuti garis untuk satu kategori, dan pada salah satu sub-kategori terkait, Anda melihat bahwa mereka masing-masing terdiri dari hanya satu judul. Berita ini label.
- Dengan kata lain, label adalah judul yang digunakan untuk meringkas banyak informasi terkait.
Ketika Anda membaca salah satu dari label ini, Anda segera dapat mengaitkan ke yang terkait informasi dari sejarah-buku Anda dan mengingat fakta-fakta penting. Misalnya, satu label dapat digunakan untuk meringkas empat halaman dari buku Anda - dikompresi ke salah satu judul tunggal. Ini berarti bahwa, apakah Anda suka atau tidak, Anda masih harus belajar empat halaman. Tapi keuntungan besar adalah bahwa Anda sekarang dapat belajar seratus kali lebih cepat, dan mengingat informasi jauh lebih baik setelah itu. Setelah sedikit studi, yang harus Anda lakukan adalah melihat pada label, dan fakta-fakta terkait muncul dalam pikiran Anda. Peta pikiran tidak akan memberikan pengetahuan Anda secara gratis, tentu saja. Tidak ada keajaiban ramuan akan. Tapi apa peta pikiran memberi Anda adalah peningkatan kemampuan untuk mengingat. Peta Anda memberi Anda gambaran besar, dan membantu Anda ingat sisanya. Ketika semuanya terstruktur, dikompresi, dan terdiri dari gambar dan berita utama, waktu yang dibutuhkan untuk belajar mengurangi secara dramatis. Jika Anda hanya akan "copy" sejarah-buku dan menuliskan semua informasi, itu akan mengambil banyak waktu Anda. Dan itu hanya akan menimbulkan kenangan yang samar-samar, memori tersebar dari beberapa peristiwa, dan tidak tahu bagaimana semuanya terhubung dan terkait bersama-sama. Jadi untuk menyimpulkan bab ini: Menyaring semua informasi penting menjadi beberapa, label besar. Istirahat mereka ke dalam subheadlines. Gunakan semua alat yang Anda inginkan untuk membuatnya terlihat bagus, dan mengatur segala sesuatu dalam secara logis yang menarik bagi Anda. Lakukan ini, dan kapasitas Anda untuk belajar, merencanakan, dan mengingat akan meningkat secara signifikan. Sekarang sebenarnya sederhana!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar